Sosialisasi Aktivasi Balkondes Deputi ELKP Tekankan Lima Point Keberlanjutan Pengelolan Balkondes & Homestay

Borobudur, 12 Januari 2018. Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan & Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN, Bapak Edwin Hidayat Abdullah memberikan Sosialisasi terkait Aktivasi Balkondes dan Homestay, di Balkondes Karangrejo, Kecamatan Borobudur. Hadir dalam acara tersebut, seluruh Direktur Utama dari 16 BUMN Sponsor pembangunan Balkondes & Homestay, Camat Borobudur, Kepala Bumades Borobudur, Kepala Desa se-Kecamatan Borobudur, dsb.


Sosialisasi Aktivasi Balkondes diawali dengan penandatanganan Berita Acara Aktivasi Balkondes dan Homestay. Kegiatan ini menandai serah terima Operasional Balkondes dan Homestay (Aktivasi Balkondes dan Homestay) dari TWC dan ITDC kepada Patra Jasa yang selanjutnya akan melakukan pengelolaan Balkondes dan Homestay bersama-sama dengan Pemerintah Desa dan Masyarakat. TWC, ITDC, dan PATRA JASA merupakan BUMN Pendamping yang masing-masing memiliki tugas dan tanggungjawab antara lain Desain Perencanaan (ITDC), tahap pembangunan (beberapa dibangun swakelola BUMN Sponsor dan sebagian dititipkan TWC untuk dibangunkan) dan tahap operasionalkan dilakukan oleh PATRA JASA.

Kegiatan serah terima dilakukan dengan Penandatanganan Berita Acara Aktivasi Balkondes dan Homestay antara Direktur Utama ITDC yang diwakili oleh Corporate Secretary ITDC Ibu Miranti Nasti Rendranti, Direktur Utama TWC Bapak Edy Setijono, diserahkan kepada Direktur Operasi PATRA JASA Bapak Benny Ishanda, dengan disaksikan oleh 16 Direktur Utama BUMN Sponsor atau yang mewakili, dan diketahui oleh Deputi ELKP Bapak Edwin Hidayat Abdullah.

Direktur Utama PT TWC Bapak Edy Setijono berucap syukur, pengelolaan Balkondes dan Homestay sudah memasuki tahap aktivasi.
“Keberadaan Balkondes dan Homestay ini menyalakan lampu-lampu terang di desa-desa sekitar Candi Borobudur. Jadi bukan hanya Candi Borobudur nya saja yang terang benderang, tapi ada aktivitas-aktivitas lain yang dapat menghidupkan kawasan sekitar Candi Borobudur”, kata Edy Setijono.


Sementara itu, Camat Borobudur Bapak Nanda Cahyadi Pribadi mengucapkan banyak terimakasih kepada Deputi ELKP dan jajaran Direksi BUMN, atas pembangunan Balkondes dan Homestay di kawasan Borobudur.
“Balkondes kini sudah menjadi semacam ikon dari Borobudur, bahkan Indonesia. Meskipun penandatanganan Berita Acara Aktivasi Balkondes baru dilaksanakan pada hari ini, namun ragam aktivitas di Balkondes dan Homestay kawasan Borobudur sudah banyak. Baik itu tamu-tamu Breakfast, Pre Wedding, Wedding, dsb. Harapan kami, BUMN, Pemerintah Desa dan juga masyarakat dapat terus menjalin sinergi yang baik, komunikasi dan kolaborasi yang baik demi perkembangan kemajuan pariwisata Borobudur”, kata Nanda Cahyadi Pribadi.

Deputi Energi, Logistik, Kawasan & Pariwisata, Bapak Edwin Hidayat Abdullah menyampaikan 5 point penting dalam Sosialisasi Aktivasi Balkondes guna pengembangan pariwisata kawasan Borobudur, yaitu:
1. Yang pertama adalah Kolaborasi. Bahwa Balkondes dan Homestay ini berbasis komunitas. Masing-masing Balkondes memiliki keunggulan atau ciri khas masing-masing yang berbeda. Namun perbedaan inilah yang nantinya akan saling melengkapi, saling berkolaborasi antara satu Balkondes dan Balkondes lainnya.
2. Kedua adalah bagaimana Pemerintah Desa dan Masyarakat itu sendiri memiliki peran yang besar dalam membesarkan Borobudur, menjadikan Borobudur Moncer. BUMN melalui program Sinergi BUMN Pariwisata hanya menstimulan, salahsatunya melalui keberadaan Balkondes dan Homestay.
3. Yang Ketiga adalah Inovasi. Kita semua tidak boleh berpuas diri dengan apa yang sudah kita capai. Tapi kita harus terus bergerak dengan inovasi-inovasi lain.
4. Yang Keempat bahwa ada tujuan lain dari keberadaan Balkondes dan Homestay ini selain manfaat ekonomi, yaitu menjaga Warisan Budaya Lokal yang wajib kita semua jaga dan lestarikan. Mari kita ciptakan aktivitas-aktivitas yang tidak merusak lingkungan, tapi justru merawat lingkungan itu sendiri.
5. Yang Kelima adalah menjaga Komitmen untuk melaksanakan keempat point diatas. Mari kita jaga ‘Paseduluran’ diantara kita, baik BUMN, Pemerintah Desa, Masyarakat, dsb.

Pengembangan wisata desa di kawasan Borobudur ini merupakan program Sinergi BUMN Untuk Pariwisata. Hal ini merupakan wujud nyata BUMN Hadir Untuk Negeri sekaligus mendekatkan BUMN dengan masyarakat dan lingkungan, membangun kawasan pariwisata Borobudur berbasis pada keragaman potensi desa sekitar.

Artikel Terkait

Kedatangan Ibu-ibu Pejabat Kabupaten Biak Numfor di Balkondes Bumiharjo

Senin, 10 April 2017. Balkondes Bumiharjo menjadi tempat berkumpulnya kumpulan ibu-ibu pejabat Biak. Acara yang dilangsungkan untuk mempererat hubungan baik para istri pejabat ini digelar secara menarik. Adapun […]

Ramadhan Seru di Balkondes Karangrejo

Balkondes Karangrejo merupakan salah satu balkondes yang aktif dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan di Bulan Ramadhan tahun ini. Kegiatan buka bersama dari berbagai kalangan masyarakat banyak dilaksanakan pada balkondes […]

Asyiknya Santap Siang bersama SD Bernadus Semarang di Balkondes Candirejo

Rabu, 12 April 2017 Balkondes Candirejo menjadi tempat makan siang sekaligus istirahat SD PL Bernardus Semarang. Setelah melakukan kegiatan outbond di desa candirejo , murid serta guru SD […]