Kegiatan Bersepeda

Kabupaten Magelang yang terletak di Provinsi Jawa Tengah memang sudah dikenal dengan destinasinya yang berupa wisata alam. Daya tarik alam ini memberikan pengunjung alternatif wisata lain selain mengunjungi Candi Borobudur yang sarat akan nilai sejarah dan budaya.

Selain mengunjungi Candi Borobudur untuk melihat stupa dan relief, hal lain yang bisa dilakukan di kawasan Candi Borobudur adalah bersepeda. Wisata sepeda di Candi Borobudur baru-baru ini semakin banyak dikembangkan oleh penduduk setempat. Wisata bersepada ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat dengan menyewakan sepeda. Biasanya pengelola juga menyiapkan pemandu wisata, teknisi sepeda, dan minuman untuk wisatawan. Hal ini membuat wisata bersepeda semakin banyak diminati oleh wisatawan.Tidak hanya wisatawan lokal, turis asing pun setiap hari memadati kawasan ini untuk sekadar bersepeda.

Rute yang diambil wisatawan juga beragam. Selain berkeliling di kompleks wisata Candi Borobudur, wisatawan juga semakin berminat untuk menjelajahi desa-desa berlanskap Bukit Menoreh di sekitar candi yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra tersebut.. Desa-desa yang dapat dikunjungi saat bersepeda antara lain Desa Brojonalan, Desa Tingal Wetan, Desa Ngedongan, Desa Ngargo Gondo, dan Desa Tuk Songo. Dengan jarak tempuh lima sampai tujuh kilometer, rute bersepeda biasanya menyusuri jalan setapak hingga persawahan dengan pemandangan bukit dari kejauhan.

Selain bersepeda, wisatawan pun sekaligus dapat mengunjungi galeri seni, sentra kerajinan batik, pusat pembuatan gula jawa, serta melihat secara langsung proses pembuatan miniatur Candi Borobudur. Saat melewati persawahan, wisatawan akan dipamerkan dengan lanskap persawahan dan kegiatan para petani.

Tarif sepeda untuk rute sekitar Candi Borobudur biasanya berkisar antara Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per orang. Sementara untuk rute Perbukitan Menoreh antara Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu.Untuk bisa menikmati keindahan alam Borobudur secara lebih maksimal, usahakan Anda bersepeda pada pukul 08.00 atau 15.00 WIB. Saat pagi hari udara masih segar, sedangkan saat sore dapat menyaksikan matahari tenggelam. Sudah siap bertualang?